SIP KOPERKU
DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM
MARGARETHA, S.HUT., M.AP. | Kamis, 09 Oktober 2024 - 14:50:32
Latar Belakang
Sistem Informasi dan Pelayanan Koperasi dan UKM Kalimantan Utara (SIP KOPERKU) merupakan sarana informasi dan pelayanan kepada pengurus koperasi dan pelaku UKM berupa layanan informasi dan pendampingan baik secara offline maupun online dalam rangka meningkatkan kualitas kelembagaan koperasi dan UKM, meningkatkan kualitas usaha koperasi dan UKM serta meningkatkan daya saing koperasi dan UKM menjadi tangguh, kuat dan mandiri. Adapun layanan yang akan diberikan antara lain:
- Layanan Konsultasi Usaha
Layanan yang diberikan kepada para pelaku usaha terkait permasalahan usaha yang di alami, terutama yang dihadapi oleh wirausaha pemula dalam mengindentifikasi usaha yang akan dilakukan,
- Layanan Informasi Usaha
Layanan yang diberikan berupa informasi usaha yang dapat dilakukan oleh para pelaku usaha sesuai dengan peluang dan kapasitas masing-masing
- Layanan Advokasi dan Pendampingan
Layanan yang diberikan berupa fasilitasi pendampingan bantuan hukum bagi pelaku usaha atas permasalahan hukum yang dihadapi pelaku usaha
- Layanan Akses Pembiayaan/Permodalan
Layanan yang diberikan berupa layanan akses pembiayaan melalui kerja sama dengan berbagai lembaga keuangan perbankan juga pendampingan pelaku UKM agar dana kredit yang diperoleh dapat termanfaatkan secara optimal.
- Layanan Akses Pemasaran
Layanan yang diberikan berupa pendampingan kepada pelaku UKM dalam memasarkan produknya
- Pusat Informasi/pustaka Kewirausahaan
Sebagai media informasi seluruh kegiatan bidang Koperasi dan UKM dan data yang dapat diakses oleh masyarakat
Dengan beberapa layanan ini, SIP KOPERKU akan memberikan informasi dan bimbingan kepada pelaku UKM mulai dari hulu hingga ke hilir, dari sisi produksi melalui berbagai pelatihan dan bimbingan, sisi akses permodalan serta sisi pemasaran.
Untuk menunjang layanan yang komprehensif ini, SIP KOPERKU didukung oleh para fasilitator/pendamping Koperasi dan UKM yang ada di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara.
Tujuan SDGs
- Tujuan 8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
Lokasi Pelaksanaan
Provinsi Kalimantan Utara
Bulan dan Tahun Pelaksanaan
Januari 2023
Proses/Tahapan Pelaksanaan
Tahapan Pelaksanaan
Pelaku yang Terlibat
- Pemerintah Provinsi
- Pemerintah Kabupaten/Kota
- Komunitas
Hasil & Dampak
Data Koperasi dan UKM yang maksimal Data yang terpilah untuk Koperasi UKM Permasalahan koperasi dan UKM tertangani Kegiatan berjalan sesuai rencana Peningkatan kualitas kelembagaan koperasi dan UKM, meningkatkan kualitas usaha koperasi dan UKM serta meningkatkan daya saing koperasi dan UKM menjadi tangguh, kuat dan mandiri
Rekomendasi & Pembelajaran
Sistem ini juga akan terus diperbarui dan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan dan masukan dari para pengguna.
Sumber Informasi
https://sipkoperku.disperindagkop.kaltaraprov.go.id/
Kontak Sumber Pengetahuan
https://sipkoperku.disperindagkop.kaltaraprov.go.id/
Potensi & Kebutuhan Kerjasama
Sistem ini juga akan terus diperbarui dan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan dan masukan dari para pengguna.