SIP KOPERKU

DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM

MARGARETHA, S.HUT., M.AP. | Kamis, 09 Oktober 2024 - 14:50:32

Sistem Informasi dan Pelayanan Koperasi dan UKM Kalimantan Utara (SIP KOPERKU) merupakan sarana informasi dan pelayanan kepada pengurus koperasi dan pelaku UKM berupa layanan informasi dan pendampingan baik secara offline maupun online dalam rangka meningkatkan kualitas kelembagaan koperasi dan UKM, meningkatkan kualitas usaha koperasi dan UKM serta meningkatkan daya saing koperasi dan UKM menjadi tangguh, kuat dan mandiri


Latar Belakang

Sistem Informasi dan Pelayanan Koperasi dan UKM Kalimantan Utara (SIP KOPERKU) merupakan sarana informasi dan pelayanan kepada pengurus koperasi dan pelaku UKM berupa layanan informasi dan pendampingan baik secara offline maupun online dalam rangka meningkatkan kualitas kelembagaan koperasi dan UKM, meningkatkan kualitas usaha koperasi dan UKM serta meningkatkan daya saing koperasi dan UKM menjadi tangguh, kuat dan mandiri. Adapun layanan yang akan diberikan antara lain:

  1. Layanan Konsultasi Usaha

Layanan yang diberikan kepada para pelaku usaha terkait permasalahan usaha yang di alami, terutama yang dihadapi oleh wirausaha pemula dalam mengindentifikasi usaha yang akan dilakukan,

  1. Layanan Informasi Usaha

Layanan yang diberikan berupa informasi usaha yang dapat dilakukan oleh para pelaku usaha sesuai dengan peluang dan kapasitas masing-masing

  1. Layanan Advokasi dan Pendampingan

Layanan yang diberikan berupa fasilitasi pendampingan bantuan hukum bagi pelaku usaha atas permasalahan hukum yang dihadapi pelaku usaha

  1. Layanan Akses Pembiayaan/Permodalan

Layanan yang diberikan berupa layanan akses pembiayaan melalui kerja sama dengan berbagai lembaga keuangan perbankan juga pendampingan pelaku UKM agar dana kredit yang diperoleh dapat termanfaatkan secara optimal.

  1. Layanan Akses Pemasaran

Layanan yang diberikan berupa pendampingan kepada pelaku UKM dalam memasarkan produknya

  1. Pusat Informasi/pustaka Kewirausahaan

Sebagai media informasi seluruh kegiatan bidang Koperasi dan UKM dan data yang dapat diakses oleh masyarakat

Dengan beberapa layanan ini, SIP KOPERKU akan memberikan informasi dan bimbingan kepada pelaku UKM mulai dari hulu hingga ke hilir, dari sisi produksi melalui berbagai pelatihan dan bimbingan, sisi akses permodalan serta sisi pemasaran.

Untuk menunjang layanan yang komprehensif ini, SIP KOPERKU didukung oleh para fasilitator/pendamping Koperasi dan UKM yang ada di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara.


Tujuan SDGs

  • Tujuan 8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi

Lokasi Pelaksanaan

Provinsi Kalimantan Utara


Bulan dan Tahun Pelaksanaan

Januari 2023


Proses/Tahapan Pelaksanaan

Tahapan Pelaksanaan


Pelaku yang Terlibat

  • Pemerintah Provinsi
  • Pemerintah Kabupaten/Kota
  • Komunitas

Hasil & Dampak

Data Koperasi dan UKM yang maksimal Data yang terpilah untuk Koperasi UKM Permasalahan koperasi dan UKM tertangani Kegiatan berjalan sesuai rencana Peningkatan kualitas kelembagaan koperasi dan UKM, meningkatkan kualitas usaha koperasi dan UKM serta meningkatkan daya saing koperasi dan UKM menjadi tangguh, kuat dan mandiri


Rekomendasi & Pembelajaran

Sistem ini juga akan terus diperbarui dan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan dan masukan dari para pengguna.


Sumber Informasi

https://sipkoperku.disperindagkop.kaltaraprov.go.id/


Kontak Sumber Pengetahuan

https://sipkoperku.disperindagkop.kaltaraprov.go.id/


Potensi & Kebutuhan Kerjasama

Sistem ini juga akan terus diperbarui dan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan dan masukan dari para pengguna.


Kembali