8

Target

14

Indikator

90

Program

123

Kegiatan

216

Sub Kegiatan

22

OPD Pendukung

Rp. 542.849.644.867,00

Total Anggaran

Kode Target Target
8.1 Mempertahankan pertumbuhan ekonomi per kapita sesuai dengan kondisi nasional dan, khususnya, setidaknya 7 persen pertumbuhan produk domestik bruto per tahun di negara kurang berkembang.
8.2 Mencapai tingkat produktivitas ekonomi yang lebih tinggi, melalui diversifikasi, peningkatan dan inovasi teknologi, termasuk melalui fokus pada sektor yang memberi nilai tambah tinggi dan padat karya.
8.3 Menggalakkan kebijakan pembangunan yang mendukung kegiatan produktif, penciptaan lapangan kerja layak, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi, dan mendorong formalisasi dan pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah, termasuk melalui akses terhadap jasa keuangan.
8.5 Pada tahun 2030, mencapai pekerjaan tetap dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua perempuan dan laki-laki, termasuk bagi pemuda dan penyandang difabilitas, dan upah yang sama untuk pekerjaan yang sama nilainya.
8.7 Mengambil tindakan cepat dan untuk memberantas kerja paksa, mengakhiri perbudakan dan penjualan manusia, mengamankan larangan dan penghapusan bentuk terburuk tenaga kerja anak, termasuk perekrutan dan penggunaan tentara anak-anak, dan pada tahun 2025 mengakhiri tenaga kerja anak dalam segala bentuknya.
8.8 Melindungi hak-hak tenaga kerja dan mempromosikan lingkungan kerja yang aman dan terjamin bagi semua pekerja, termasuk pekerja migran, khususnya pekerja migran perempuan, dan mereka yang bekerja dalam pekerjaan berbahaya.
8.9 Pada tahun 2030, menyusun dan melaksanakan kebijakan untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan yang menciptakan lapangan kerja dan mempromosikan budaya dan produk lokal.
8.10 Memperkuat kapasitas lembaga keuangan domestik untuk mendorong dan memperluas akses terhadap perbankan, asuransi dan jasa keuangan bagi semua.
Kode Indikator Indikator
8.1.1* Laju pertumbuhan PDB per kapita.
8.1.1 (a) PDB per kapita.
8.2.1* Laju pertumbuhan PDB per tenaga kerja/Tingkat pertumbuhan PDB riil per orang bekerja per tahun
8.3.1* Proporsi lapangan kerja informal, berdasarkan sektor dan jenis kelamin
8.3.1 (a) Persentase akses UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) ke layanan keuangan
8.5.1* Upah rata-rata per jam pekerja
8.5.2* Tingkat pengangguran terbuka berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur.
8.5.2(a) Persentase setengah pengangguran
8.7.1 (a) Persentase dan jumlah anak usia 10- 17 tahun, yang bekerja, dibedakan berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur
8.8.1 (a) Jumlah perusahaan yang menerapkan norma K3.
8.9.1* Proporsi dan laju pertumbuhan kontribusi pariwisata terhadap PDB.
8.9.1 (a) Jumlah wisatawan mancanegara.
8.9.1 (b) Jumlah kunjungan wisatawan nusantara
8.10.1 (a) Proporsi kredit UMKM terhadap total kredit.